Kamis, 29 Desember 2011

Cara Merawat Dan Mengganti Fret Bass/Gitar


Seorang bassist atau gitarist tentu mengenal dengan yg namanya Fretting atau ada juga yg menyebutnya Buzzing ! Masalah ini di sebabkan karena banyak hal seperti Frett Aus (tidak rata lagi) dan ada juga karena freet lepas ( Ngangkat ) karena faktor tertentu .
Nah, untuk frett yang lepas atau ngangkat, ini sedikit tips bagaimana membenarkan :
Cari di posisi mana frett yang terdengar Fretting ! lalu lihat apakah frett baik-baik saja atau ngangkat / melenting ke atas. Frett yang ngangkat di tandai dengan freet yg tidak tertanam dgn baik di Papan frett ( Frettboard ) nya. Jika sempat cungkil dengan kuku jika kuku terasa masuk di sela-sela frett & frettboard nya maka sudah dapat di pastikan frett bass anda terangkat ke atas ( melenting )
Dan jika yg fretting di frett 12, maka berarti bermasalah adalah frett di depanya yg ke 13. lihat ! jika benar ngangkat / melenting, maka kendurkan senar nya , sibak kan senar ke samping tahan dengan tangan hingga frett bebas senar ! dan senar tidak terpukul ke Frett nantinya ..
Pukul bagian frett yg ngangkat jangan terlalu kuat juga jangan terlalu lemah tenaganya ( jgn sampe frett rusak ). Diamkan sebentar lihat frett menancap kembali ke papan frettboard atau tidak, jika menancap sempurna berarti masalah loe telah beres, tetapi jika masih mengangkat lagi, teteskan lem Alteco sedikit di sela frett-nya, lalu pukul dengan palu sekali lagi dan jika sudah lengket, tekan dengan tangan memakai tenaga beberapa saat, dijamin frett akan tertanam kuat tidak melenting lagi !
Tapi jika frett sudah aus maka frett harus di ganti, tertarik untuk menggantinya sendiri, berikut cara2 untuk menggantinya :
1. Siapkan peralatan Tang jepit, cuter, lem alteco, pahat kecil, palu kecil permukaan rata. kayu 40cm/ tebal 1,5cm, lebar 7cm lalu di tempel amplass ukuran 800 & 1500.
2. Copot frett dengan menggunakan pahat kecil, cungkil dengan hati-hati di bagian pinggir frett, agar papan frett tidak ikut terbawa (sompal) setelah terangkat sedikit baru angkat dengan tang penjepit. Begitu seterusnya untuk semua frett.
3. Setelah semua frett terlepas, bersihkan lubang garis -garis fret di papan fret dengan menggunakan cuter, karena garis lubang untuk kaki frett itu sempit maka hanya cuter yg dapat masuk ke sela2 nya. Bersihkan kotoran lem dan sebagainya, korek saja jangan terlalu kuat secara perlahan.
4.Dan setelah itu baru loe memasang frett, belilah frett di toko musik untuk yg 24 frett, walaupun mungkin frett bass loe 22 frett, sisa nya dapat berguna! frett terbagi dua : ada yg gulungan dan ada yg sudah jadi, cari yg buatan korea tapi kualitas bagus jangan yg gampang di bengkokan, cari yg sedikit keras tapi bisa di bengkokan.
5. Tuangkan sedikit lem alteco ke sela-sela garis kaki frett di frettboard, lalu masukan frett, pukul dengan palu jgn terlalu kuat hingga menancap sempurna. Jika tidak ada alat press, tekan dengan tangan kuat-kuat hingga frett tidak ngangkat lagi! lalu potong pinggir frett jika menggunakan frett gulungan dan potong sedikit ujung-ujung nya sama kan dengan lebar frettboard, tapi ika menggunakan frett sudah jadi, tinggal memotong sedikit saja, lakukan itu secara keseluruhan.
6. Jika sudah terpasang semua, baru loe memasuki tahap penghalusan pinggir frett. Gosok menyamping 35 derajat ( Standart dunia ) dengan mengunakan papan kurang lebih panjang 40cm lebar 7cm, tebal 1,5cm telah di tempeli amplas ukuran 800, cara menempelkannya rekatkan dengan lakban bolak-balik.
Gosok dari ujung ke ujung merata. ujung frett 1 hingga 24 harus kena, untuk hasil yang maksimal, copotlah dulu neck dari body, gosok hingga ujung fret tidak tajam di tangan, gosok bagian sisi kiri & kanan dari frett dengan kemiringan yg sama, teknik ini dinamai side leveling .
7. Setelah sedikit halus di tangan, maka haluskan dengan amplas ukuran 1500 untuk finishing.
8. Setelah selesai cek ketinggian frett sama atau tidak, gunakan penggaris besi, tempelkan ke semua frett, lihat jika ada yg kurang baik, ngangkat maka akan terlihat ada celah antara frett & penggaris besi .
9. Jika mau di tambah up leveling silahkan, gosok permukaan frett tekniknya sama tapi yg di gosok permukaan nya hingga permukaan frett tidak lagi cembung tapi semi datar, gunakan amplass 800 dan terakhir 1500 menggunakan sedikit air ..
10. Setelah itu bersihkan frett (papan frett) dengan kain lap. Cek sekali lagi apakah masih ada ujung frett yg tajam, kalo masih ada ratakan yang tajamnya, jika sudah bass/gitar loe siap digunakan kembali. [Budy Russel/aa/streetbass]
Selamat mencobaa…

1 komentar:

  1. mantap gan nice info...tp ane mau diamflas aja tuh fret nya...supaya rata giman triknyA...

    BalasHapus